Surat Numpang Nikah di KUA Kecamatan

July 9, 2012 · 0 comments

in KUA

Milih-milih vendor, DP segala macem, survey dan test food sana-sini gak berarti jadi nikah kalo belom: ngurus nikah di KUA :D  Apa aja sih syarat KUA? Berapa sih biaya KUA?

Cerita dikit ya.. Setelah lamaran, DP gedung dan ngurus vendor ini-itu, bokap udah wanti-wanti untuk jangan lupa ngurus surat-surat (maksudnya KUA) biar cepet beres.  Masalahnya waktu itu aga-aga kelamaan, masih H-5 atau H-6 bulan dari acara, jadilah saya nunda-nunda terus.  Padahal rumah Pak RT/RW persis di seberang rumah saya, tinggal ngetok, 5 menit jadi deh tu surat pengantar RT/RW.

Sampe akhirnya hari itu, papi sekalian ke depan rumah, diurusin lah itu surat pengantar :D horee…

Ini syarat-syarat ngurus KUA untuk surat numpang nikah (kalo akadnya bukan di kecamatan tempat tinggal CPW atau CPP):

  1. Ke kantor/rumah RT/RW, minta Surat Pengantar RT/RW untuk mengurus surat numpang nikah.  Biayanya?  Biaya administrasi aja, kasihlah Rp 10.000 – Rp 20.000 :p
  2. Ke kelurahan, bawa: surat pengantar RT/RW, bukti bayar PBB di tahun berjalan, fotokopi KTP dan KK.  Nanti akan dibuatkan surat N1, N2 dan N4.  Biayanya?  Biaya administrasi aja, buat ngetik 3 lembar kasihlah Rp 30.000.
  3. Ke KUA kecamatan, bawa: surat N1, N2, dan N4 yang dari kelurahan tadi, trus bilang mau buat surat numpang nikah.  Lalu tinggal duduk manis dan nunggu diketikin surat numpang nikah-nya.  Oya, kasitau juga nikahnya di kecamatan mana (kecamatan tempat akad/gedung).  Biayanya?  Si ibu-ibu yang ngetikin masa minta biaya administrasi minimal Rp 80.000.  Mahal!  Tapi gw kasih Rp 100.000 karena adanya pecahan segitu *nangis*  masa iya mau minta kembalian.  Yasudahlah ikhlaskan saja.

Udah deh, beres.  Tahap pertama :D  Total kerugian biaya KUA: Rp 130.000 (pan yang bayar RT/RW bokap) :p Oya, ada juga beberapa RT/RW yang mintain KTP calon pasangannya, KTP bapak dan ibu calon pasangannya, plus KK calon pasangannya. Ribet yah.  Untung RT saya gak minta, tapi RTnya Toto minta.. Padahal kan kenal..

Semua proses KUA di atas bisa selesai dalam waktu sehari.  Paling lama di kelurahan, karena ngetiknya masih pake mesin tik manual, setengah jam nungguin ada kali.  Mana pas jadi 3 lembar itu, nama saya salahhh, hikss…  Sebell…  Harusnya tiap ngurus apa-apa yang butuh data personal emang kudu diwanti-wanti, nama saya dobel N & dobel S!  Dimana kebanyakan orang cuman salah satu aja yang dobel, gak dua-duanya.

Setelah selesai, pulang dari KUA kecamatan, saya baca-baca lagi isi surat N1, N2, N4.  Ya ampun isinyaa.. Semacam pengulangan yang ngga perlu deh.

Surat N1, judulnya Surat Keterangan Untuk Nikah.  Isinya data diri saya.  Oke.
Surat N2, judulnya Surat Keterangan Asal-Usul, yang menerangkan dengan sesungguhnya bahwa saya (data diri saya) adalah benar anak kandung dari pernikahan pria (data diri bokap) dan wanita (data diri nyokap).
Surat N4, judulnya Surat Keterangan tentang Orang Tua, yang menerangkan dengan sesungguhnya bahwa 1. (data diri bokap) dan 2. (data diri nyokap) adalah benar ayah dan ibu kandung dari (data diri saya).

Hadeeh.. geleng-geleng kepala deh.. Indonesia..

Next, masih harus ke KUA kecamatan tempat nikah. Daan… Toto juga belum ngurus surat numpang nikah-nya dia :p

Leave a Comment

 photo gajikantor-468-anim_zpsc761b60f.gif

Previous post:

Next post:

Tahukah Kamu?

Dengan join Oriflame kamu bisa:

- dapat untung 30% dengan menjual produk Oriflame
- dapat bonus pengembangan jaringan hingga JUTAAN RUPIAH per bulan!
- mengembangkan jaringan, order, dsb hanya dari depan komputer saja!
Iya, termasuk meeting secara online, training secara online, tanpa harus membuang banyak waktu dan energi.

Cocok banget buat kamu yang setelah merit berencana (atau diminta suami) untuk resign ;)
Mau tau lebih banyak?

Isi form di samping ini yaa, upline saya Dini Shanti akan membagi rahasianya untuk kamu!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
Hanya untuk non member Oriflame
Anda akan dikirimi email berseri seputar bisnis Oriflame - d'BC Network. Jika tidak ingin menerima email, jangan isi form ini!
©copyright d'BCN